Ayo, Peduli Limbah Farmasi !
July 5, 2011
KDM Ternyata Tidak Menurunkan Omset Usaha
July 6, 2011

Menghindari Craving Saat Berhenti Merokok

 

Untuk sebagian orang, berhenti merokok merupakan pekerjaan teramat berat. Nikotin yang menjadi zat adiktif dalam rokok mengikat begitu kuat sehingga menimbulkan gejala ketagihan. Nikotin mampu memengaruhi mood dan penampilan dan jadi sumber ketergantungan. Pada saat terjadi pengurangan nikotin, muncul rasa mudah tersinggung dan marah, cemas gelisah, gangguan konsentrasi, tidak tenang nyeri kepala, mengantuk, dan mengalami gangguan pencernaan.

 

Gejala ketagihan atau yang juga dikenal dengan istilah craving ini akan semakin berasa ketika seseorang berusaha untuk berhenti merokok. Kendati gejala craving dengan munculnya keinginan untuk kembali merokok sangat kuat, tetapi sejatinya hal ini berlangsung selama beberapa menit dan akan berhenti dengan sendirinya. Namun bila hal ini tidak dicermati, tentu saja rasa ketagihan itu akan melemahkan niat untuk berhenti merokok. Padahal, setiap kali seseorang berhasi mengendalikan gejala craving, maka akan semakin dekat usahanya untuk berhenti merokok.

 

Tantangan menghadapi craving memang bukan pekerjaan mudah bagi mereka yang sangat kecanduan rokok. Tetapi bukan berarti hal itu tidak bisa diatasi. Menurut medicastore.com, setidaknya ada 10 (sepuluh) cara untuk menghentikan gejala ketagihan saat mencoba berhenti merokok;

 

1. Menunda

Apabila keiinginan untuk merokok kembali sangat kuat, hal yang dapat dilakukan adalah dengan meyakinkan diri untuk menunda kesempatan merokok tersebut selama 10 menit, seraya terus menyibukkan diri, dan mengulang setiap merasakan ketagihan tersebut. Trik ini dapat mengalihkan perhatian dari keinginan untuk merokok.

 

2. Jangan berpikir ”hanya 1 batang”

Memberikan toleransi dengan berpikir hanya 1 batang rokok untuk menghentikan gejala ketagihan adalah merupakan tindakan bodoh yang tidak dibenarkan. Sebab sebenarnya dari 1 batang rokok yang dihisap akan melempangkan jalan untuk kembali menghisap batang berikutnya.

 

3. Hindari pencetus merokok

Keinginan untuk merokok biasanya akan semakin kuat apabila sedang berada dalam situasi yang biasanya aktifitas merokok dilakukan. Dengan mengidentifikasi faktor tersebut, maka dapat dicarikan penggantinya. Misalnya bila anda terbiasa untuk merokok sehabis makan, maka mengunyah permen dapat dilakukan untuk menggantikan aktifitas merokok.

 

4. Aktif secara fisik

Aktifitas fisik dapat membantu mengalihkan rasa ketagihan merokok & mengurangi intensitas ketagihan tersebut. Olahraga ringan yang dilakukan selama 30 menit dapat membuat keinginan untuk merokok kembali menjadi hilang. Kegiatan seperti jalan, berlari ataupun bersepeda. Jika anda tidak terlalu tertarik dengan aktifitas fisik, maka kegiatan lain dapat dilakukan untuk menggantikan.

 

5. Melatih teknik relaksasi

Menghadapi ketagihan merokok merupakan aktfitas yang dapat berujung kepada stress, padahal dimasa lalu mungkin saja cara untuk mengatasi stress adalah dengan merokok. Untuk mengatasi stress tersebut maka teknik relaksasi dapat dilakukan, latihan ini termasuk latihan pernafasan, relaksasi otot, yoga, visualisasi, hypnosis & pemijatan.

 

6. Mencari dukungan dari orang lain

Carilah dukungan untuk membantu mengatasi rasa ketagihan merokok, bisa dari keluarga, teman, support group di dunia maya dan lain-lain. Dengan melakukan aktifitas bersama seperti berjalan, diskusi ataupun saling berbagi cerita dapat semakin menambah alasan untuk berhenti merokok & meningkatkan kepercayaan diri bahwa seseorang dapat berhenti merokok.

 

7. Selalu mengingat manfaat berhenti merokok

Membuat catatan tentang sesuatu yang membuat berhenti merokok dan bertahan terhadap rasa ketagihan untuk merokok kembali, akan membantu selalu mengingatkan manfaat hidup sehat tanpa rokok. Hal-hal tersebut dapat berupa perasaan yng lebih nyaman, kondisi tubuh yang lebih sehat, menghindari orang terdekat menjadi perokok pasif atau untuk berhemat.

 

8. Memanfaatkan jaringan internet

Bergabunglah dengan grup atau milis-milis yang mendukung aktifitas berhenti merokok atau membaca tips-tips di blog orang yang telah berhasil berhenti merokok. Atau dapat juga menuliskan cara atau kiat untuk berhenti merokok yang siapa tahu dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

 

9. Mencari pengganti

Beberapa produk yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai produk pengganti rokok dapat dicoba untuk menghilangkan rasa ketagihan merokok. Produk-produk tersebut antara lain koyo nikotin, permen karet nikotin, ataupun permen hisap nikotin. Produk-prosuk tersebut dapat dibeli tanpa resep dokter. Selain produk diatas ada juga beberapa produk seperti Nicotine nasal spray dan nicotine inhaler yang dapat diperoleh hanya dengan resep dokter.

 

10. Mengunyah sesuatu

Mengunyah sesuatu, baik itu permen karet, buah, kacang-kacangan ataupun sayur dapat menggantikan aktifitas mulut yang terbiasa menghisap atau menghembuskan pada saat merokok.

 

Agus Sujatno – Staf YLKI

Sumber: medicastore.com