Ancaman dari Sebuah Kecanggihan
October 4, 2011
SMS Premium : Bisnis atau Perampokan?
October 5, 2011

Menjadi Konsumen Bertanggungjawab

 

Konsumen yang bertanggung jawab adalah konsumen yang tidak hanya tahu dan mampu memperjuangkan haknya, tapi juga tahu apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Apa saja kriterianya?

  • Critical A wareness (Kesadaran Kritis)

Konsumen harus kritis dalam melihat keadaan. Waspada dan teliti terhadap harga dan kualitas barang dan jasa yang ditawarkan.

  • Active Involvement (Keterlibatan Aktif)

Konsumen harus bertindak dan terlibat aktif untuk menjamin adanya perlakuan yang adil. Selama konsumen masih pasif, selama itu pula konsumen akan ditindas.

  • Ecological Responsibility (Tanggungjawab Lingkungan)

Konsumen harus bertanggungjawab untuk memahami segala akibat dari pola konsumsinya bagi lingkungan. Harus mengetahui tanggungjawab pribadi dan sosialnya dalam memanfaatkan sumberdaya alam secara hemat dan efisien, serta melindungi bumi demi generasi mendatang.

  • Social Responsibility (Tangggungjawab Sosial)

Konsumen harus waspada dan bertanggungjawab terhadap segala akibat yang ditimbulkan oleh pola konsumsinya bagi orang lain, terutama kelompok nirdaya dan terabaikan.

  • Solidarity (Kesetiakawanan)

Konsumen memiliki tanggung jawab untuk menggalang solidaritas sesama konsumen, untuk mengembangkan kekuatan demi memperjuangkan dan melindungi kepentingan konsumen lainnya.