Waspadai ”Download Gratis” tapi bayar
October 26, 2011
Obat Generik, Tak Segenerik Pemanfaatanya
October 28, 2011

YLKI: Pelayanan Busway DKI Terburuk di Dunia

 

VIVAnews – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), berharap perubahan status Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta menjadi Perseroan Terbatas (PT), akan merubah manajemen TransJakarta yang saat ini dinilai buruk.

“Saat ini BLU Transjakarta hanya dipimpin pegawai eselon III, jadi secara struktural, dia sulit berkoordinasi dengan PU, dan Polisi. Padahal uang yang dikelola mencapai Rp1 miliar per hari,” ujar anggota pengurus harian YLKI, Tulus Abadi, Kamis 27 Oktober 2011.

Berdasarkan survei yang dilakukan YLKI, lanjutnya, waktu tunggu bus yang lama serta kepadatan di dalam bus menjadi keluhan utama penumpang.

“Performa pelayanan TransJakarta dapat dikatakan yang terburuk di dunia. Sebab di Bogota, Kolombia, jarak kedatangan antar bus hanya mencapai 1,3 menit. Di Guangzhou, Cina, bahkan hanya 1,1 menit. Sementara di Jakarta, bagaimana,” ucapnya.

Dia mengungkapkan selama ini belum ada standar pelayanan minimum (SPM) bus Transjakarta. Dengan bentuk PT diharapkan ada SPM yang menjadi patokan keberhasilan perusahaan.

Idealnya, dituturkan Tulus, headway antar bus agar penumpang tak menumpuk  3 menit, 5 menit, atau 10 menit sekali.

Selain itu, jumlah penumpang yang biasanya sebanyak 85 orang per bus seharusnya dikurangi. Karena dengan begitu, aroma tak sedap dan bus yang rawan pelecehan seksual bisa dikurangi.

Seperti diketahui Pemerintah Provinsi DKI berencana mengubah status Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pada tahun ini.

Dengan adanya perubahan status tersebut diharapkan pengelolaan keuangannya lebih transparan dan akuntabilitasnya terjamin. (umi)

Sumber : Vivanews.com