Menuntut Peran Negara dalam Perlindungan Konsumen
December 23, 2011
Candu Subsidi Bahan Bakar Minyak
December 28, 2011

Memilih Sarana Komunikasi di Era Global

Sekitar tahun 1980-an kita hanya bisa melihat tokoh kartun yang berkomunikasi dengan tatap muka di layar yang besar. Biasanya ini dilakukan oleh bandit agar bisa menangkap super heronya. Tapi, siapa sangka jika saat ini komunikasi tatap muka menjadi hal nyata dan lazim digunakan untuk teleconference.

Kerusuhan yang terjadi di Inggris beberapa bulan belakangan, konon kabarnya para demonstran menggunakan facebook, twitter dan bbm (blackberry messenger) untuk berkomunikasi dan melakukan pengumpulan massa lewat jejaring sosial. Alhasil Pemerintah Inggris mengancam akan memblokir situs-situs tersebut.

Bagaimana media sosial sebagai alat komunikasi modern saat ini? Bagaimana perubahan komunikasi dari jaman ke jaman? Berikut sedikit uraiannya;

Telepon: Hingga tahun 1990-an telepon (rumah) masih menjadi alat komunikasi andalan. Mulai dari telepon yang kudu mengayuh, memutar nomor hingga tinggal pencet nomer yang diinginkan, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang dituju.

Handphone: Ini adalah inovasi dari telepon biasa. Yang membedakannya, handphone ini bisa dibawa kemana-mana, lebih bersifat mobile. Bentuknya yang mungil mudah ditaruh di kantong atau di tas. Kita semakin mudah menghubungi dan dihubungi sahabat, kerabat, maupun klien. Kita juga bisa mengirim pesan singkat SMS ke orang lain. Dalam perkembangannya, handphone tak hanya sekedar ber-sms atau percakapan semata, tetapi telah berkembang menjadi sarana jelajah dunia maya.

Media sosial:  Melalui jaringan internet, kita bisa terhubung ke media sosial dengan dikenakan biaya sesuai ketentuan operator. Lantas media sosial apa saja yang paling diminati oleh konsumen telekomunikasi di Indonesia? Nah, daftar dibawah ini agaknya bisa menjadi jawabannya:

1. Facebook: Dengan jumlah pengguna yang mencapai 33 juta, menempatkan Indonesia sebagai pengakses jejaring sosial facebook terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Facebook merupakan alat komunikasi dan silaturahmi yang cukup efektif. Kita bisa bertemu dengan teman-teman lama, saudara dan mendapatkan teman-teman baru di dunia maya. Kita juga bisa melihat foto dan kabar dari para kerabat. Fitur facebook yang mudah dan friendly membuat arah komunikasi berubah. Misalkan:

–  Ucapan selamat hari raya lebaran atau natal yang selama ini disampaikan melalui SMS, kini hanya update status di facebook maka teman-teman akan saling membalas di kolom komentar. Hal ini tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan harus SMS ke teman-teman.

– Undangan, dulu undangan pesta ulang tahun atau pernikahan masih berbentuk kertas yang cantik dikirim ke alamat para kerabat. Tapi dengan adanya facebook, kita tinggal membuat event pernikahan dan dikirim ke orang-orang yang akan kita undang. Praktis, bukan?

2. Twitter: Penggunaan twitter berbeda dengan facebook. Di twitter hanya bisa mengetik 140 karakter dengan sistem follow dan follower. Indonesia merupakan peringkat ke-5 pengguna twitter terbesar di dunia. Saat ini banyak organisasi atau public figure yang promosi atau kampanye melalui jejaring sosial yang berbunyi seperti sautan burung ini. Twitter merupakan cara praktis komunikasi para public figure dengan penggemarnya.

3. Skype: Dengan menggunakan skype, kita bisa berkomunikasi tatap muka dengan orang yang jaraknya ribuan mil dari kita. Hanya memasang webcam di komputer, maka Anda sudah bisa melihat muka si penelpon. Skype juga bisa digunakan untuk teleconference, rapat dengan kerabat yang jauh. Oprah Winfrey sering menggunakan skype untuk berkomunikasi dengan penggemarnya. Bahkan yang paling menghebohkan di Indonesia, Nazaruddin berkomunikasi via skype dengan salah satu stasiun televisi swasta dan disaksikan oleh jutaan pemirsa di Indonesia.

4. Yahoo! Messenger (YM): Ini adalah bagian dari fasilitas Yahoo yang bisa digunakan gratis. Kita bisa login ke YM jika kita memiliki akun email di yahoo.YM biasa digunakan untuk chatting dengan teman ataupun kerabat. Tidak hanya itu, di YM kita juga bisa melakukan conference yaitu chatting dengan beberapa orang sekaligus dengan cara mengundang orang tersebut untuk bergabung. Conference juga bisa dibuat untuk meeting online. Semua percakapan pun dapat disimpan sebagai dokumen. Ini sering dilakukan para blogger dan onliner. Sehingga dengan meeting online ini kita jadi hemat biaya dan tenaga. YM juga memiliki banyak fitur yang mudah dan lucu seperti emoticon, kita bisa mengklik ekspresi wajah yang kita inginkan.

Sebenarnya YM memiliki fitur webcam dan suara seperti di skype, hanya saja fasilitas suara YM, dan acap terputus-putus. Makanya teleconference jarang menggunakan YM.

5. Gtalk: Gtalk merupakan bagian dari produknya Google. Sehingga untuk bisa melakukan komunikasi di Gtalk, kita harus memiliki akun di gmail. Gtalk kurang diminati karena fitur-fiturnya tidak sebanyak yahoo messenger.

Komunikasi di era global memang jauh berbeda dengan jaman dulu. Komunikasi saat ini mengandalkan kecanggihan teknologi yang berbasis internet sebagai media telekomunikasi yang lebih murah, praktis dan modern. Lantas, Anda akan memilih yang mana untuk komunikasi?

***

Istiana Sudardjat, Staff YLKI

(Dimuat di Majalah Warta Konsumen)

Gambar diambil dari sini