Mengusut Mafia Listrik Pra Bayar
November 26, 2015
Komersialisasi Tarif Listrik
December 2, 2015

Siaran Pers YLKI: Pemerintah bersama PLN telah menetapkan kembali tarif adjustment (tarif otomatis) listrik, yang akan diberlakukan per 1 Des 2015

Sepintas formulasi tarif ini bagus, padahal endingnya formulasi tarif semacam ini sangat memberatkan masyarakat. Oleh karena itu, Tarif adjustment listrik harus ditolak karena:

1.Melanggar Konstitusi, karena menyerahkan tarif listrik pada mekanisme pasar, tanpa campur tangan negara. Padahal listrik merupakan essensial services (jasa kebutuhan dasar), yang harus diintervensi negara, pemerintah.

2. Persoalan yang membelit masalah tarif listrik adalah masalah pasokan energi primer yang merupakan kesalahan pemerintah, kenapa hal itu ditimpakan pada masyarakat untuk menanggungnya dengan wujud tarif adjustment?

3. Pemberlakuan kenaikan tarif pada Bulan Desember tidak tepat momen, karena daya beli masih rendah. Kenaikan ini akan memukul daya beli masyarakat.

4. Besaran tarif adjustment siapa yang mengaudit? BPK seharusnya secara reguler mengaudit adjustment, sehingga formulasi tarif yang transparan dan akuntabel.

Demikian, terima kasih.

Jakarta, 30 Nov 2015

Tulus Abadi,

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia

  • Ady sy

    Listrik naik itu menyengsarakan rakyat. Apabila di daerah kami yaitu kalimantan selatan sering mati listrik bahkan hampir sebulan penuh secara bergilir yang mengakibatkan sering terjadi kebakaran dan juga kerusakan peralatan elektronik. Apakah pantas menaikan tarif listrik sedangkan pelayanan jelek banget.

  • Budi Sasmiko

    PT PLN kalau setiap menaikkan tarif listrik harus :
    1. Di audit oleh KAP Independen kenapa PLN harus menaikkan tarif listrik?
    2. Terkait dengan point 1 maka PLN harus menyebutkan kerugian-kerugian selama ini mengelola listrik?
    3. PLN sesuai dengan UUD45 pasal 33 merupakan BUMN Pelayanan masyarakat sehingga diberikan pasar “monopoli” seharusnya PLN tidak harus mencari untung sesuai hak monopoli dan pelayan kebutuhan rakyat.
    4. PLN harus memberikan annual report ke masyarakat terkait dengan pendapatan dan biaya yang di dalam operasional karena ini perusahaan BUMN milik rakyat yang sudah diaudit oleh KAP Profesional dan punya kapasitas dalam audit perusahaan publik.

  • Prima Surabaya

    Seberapa efektif siaran pers ini dapat mempengaruhi keputusan kenaikan listrik?