Press Release

Berikut ini adalah kumpulan artikel Press Release YLKI

Kesehatan Siaran Pers

Siaran Pers YLKI: Kecelakaan Medis di Rumah Sakit Dr. Mintorahardjo Harus Diusut!

Terkait kasus kecelakaan peralatan medis di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Mintohardjo, yang menewaskan 4 (empat) orang (3 pasien dan satu orang dokter), berikut ini pendapat YLKI: 1. Ada dua pihak yang harus diminta pertanggungjawaban, yaitu pihak rumah sakit (dasar : UU Perlindungan Konsumen dan UU Rumah Sakit) dan tenaga profesional yang terlibat (dasar: UU […]


by admin • March 16, 2016
Kesehatan Siaran Pers

Siaran Pers YLKI: Kenaikan Iuran BPJS Kebijakan Kontra Produktif!

Berdasar Perpres No. 19 Tahun 2016, pemerintah menetapkan kenaikan iuran BPJS, yang akan diberlakukan per 01 April 2016, demi menutup defisit operasional yang mencapai lebih dari Rp 7 triliun, sejak 2014. Terlepas dari soal defisit, kebijakan menaikkan tarif iuran BPJS untuk peserta mandiri adalah kebijakan yang kontra produktif dan tidak mempunyai empati, di saat sedang […]


by admin • March 14, 2016
Pangan Siaran Pers

Siaran Pers YLKI: KFC Harus Bertanggungjawab atas Meninggalnya Freddy dan Menghentikan Lomba Makan

Kasus meninggalnya Freddy saat lomba makan ayam yang diselenggarakan oleh KFC Cabang Duri Kosambi Cengkareng, karena tersedak setelah makan 3 buah sayap ayam. Atas kasus itu  maka: 1. KFC harus bertanggungjawab baik secara pidana dan atau perdata. Patut diduga tindakan KFC melanggar UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bahwa konsumen berhak atas kenyamanan, […]


by admin • March 14, 2016
Air Berita/Liputan Media Berjejaring Kesehatan Lingkungan Listrik Obat dan Kosmetik Pangan Pelayanan Publik Pengendalian Tembakau Perbankan Perumahan Produk Lainnya Siaran Pers Telaah / Kajian YLKI Telekomunikasi Transportasi

Mata Seorang Konsumen

Budaya nrimo konsumen, rasanya harus segera ditinggalkan. Sikap nrimo, selain akan merugikan konsumen sebagai individu, juga berpotensi merugikan konsumen lainnya (masyarakat), bahkan lingkungan. Maka saat menggunakan suatu barang dan atau jasa (berkonsumsi), justru mata seorang konsumen harus lebih awas, cerdas, dan dengan cakrawala pandang yang meluas. Gaya kaca mata kuda, pun sangat tidak relevan lagi, […]


by admin • March 2, 2016