Visi dan Misi YLKI

Visi

Visi YLKI adalah tatanan masyarakat yang adil dan konsumen berani memperjuangkan hak-haknya secara individual dan berkelompok.

Misi :

  1. Melakukan pengawasan dan bertindak sebagai pembela konsumen.
  2. Memfasilitasi terbentuknya kelompok-kelompok konsumen
  3. Mendorong keterlibatan masyarakat sebagai pengawas kebijakan publik
  4. Mengantisipasi kebijakan global yang berdampak pada konsumen.
Nilai :

Nilai-nilai dasar yang dianut YLKI adalah non profit, non partisan, tidak diskriminatif, demokratis, keadilan sosial, keadilan gender, keadilan antar generasi, hak asasi, solidaritas konsumen, dan independen.

Strategi dan Kegiatan YLKI

  • Advokasi
    Mempengaruhi para pengambil keputusan di sektor industri dan pemerintahan agar memenuhi kewajibannya terhadap konsumen, pada tingkat lokal dan nasional.
  • Penggalangan Solidaritas
    Meningkatkan kepedulian kritis konsumen melalui penggalangan solidaritas antar konsumen, serta melalui prasarana kegiatan berbagai kelompok konsumen.
  • Pengembangan Jaringan
    Memperkuat kerjasama antar organisasi konsumen dan juga dengan organisasi kemasyarakatan lainnya pada tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.
  • Penyebaran Informasi yang Tidak Memihak
    Mengimbangi informasi yang telah ada dengan informasi dan data objektif lainnya yang diperoleh berdasarkan kajian dan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.