Visi dan Misi YLKI
Visi YLKI adalah terwujudnya tatanan masyarakat konsumen yang adil, berdaya dan terorganisasi yang berani memperjuangkan hak-haknya.
Misi :
- Melakukan pengawasan dan Pembelaan hak-hak konsumen
- Membentuk kelompok konsumen yang berdaya melalui pendidikan
- Mendorong keterlibatan masyarakat dalam kebijakan publik
- Turut serta dalam membangun tatanan masyarakat yang lebih adil
Nilai :
Nilai – nilai dasar yang dianut YLKI adalah; non profit, independen, integritas, konsisten, keadilan sosial, terbuka, kekeluargaan, egaliter, professional, inklusif, volunterism, lincah.
Strategi dan Kegiatan YLKI
- Advokasi
Mempengaruhi para pengambil keputusan di sektor industri dan pemerintahan agar memenuhi kewajibannya terhadap konsumen, pada tingkat lokal dan nasional. - Penggalangan Solidaritas
Meningkatkan kepedulian kritis konsumen melalui penggalangan solidaritas antar konsumen, serta melalui prasarana kegiatan berbagai kelompok konsumen. - Pengembangan Jaringan
Memperkuat kerjasama antar organisasi konsumen dan juga dengan organisasi kemasyarakatan lainnya pada tingkat lokal, nasional, regional dan internasional. - Penyebaran Informasi yang Tidak Memihak
Mengimbangi informasi yang telah ada dengan informasi dan data objektif lainnya yang diperoleh berdasarkan kajian dan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.