Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia
Memberdayakan Konsumen, Memajukan Negeri. Sejak 1973.
Memberdayakan Konsumen, Memajukan Negeri. Sejak 1973.
Sebagai hal yang paling mendasar bagi kegiatan organisasinya, YLKI mengupayakan untuk terlibat dalam bentuk berbagai proses pengambilan keputusan yang dilakukan pemerintah, terutama untuk menjamin bahwa konsumen di Indonesia di dukung oleh landasan hukum yang kuat.
Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI memberikan bantuan gratis bagi konsumen yang merasa tidak puas atas produk dan layanan yang diperoleh, serta memastikan perlindungan atas hak hak mereka. Pengaduan dapat disampaikan secara online melalui situs http://pelayanan.ylki.or.id.
Untuk membantu konsumen dalam pengambilan keputusan, Bidang Penelitian YLKI melakukan pengujian produk, survey, studi dan penelitian yang diperlukan agar dapat memperoleh informasi yang tidak memihak mengenai kualitas dan kehandalan berbagai produk dan layanan jasa.
Unutk meningkatkan kepedulian kritis konsumen atas hak dan kewajibannya dalam rangka memperkuat posisi tawarnya ketika menghadapi berbagai produsen barang yang pemberi layanan jasa, Bidang Pendidikan YLKI menyelenggarakan berbagai program pendidikan dan pelatihan yang dianggap populer bagi kelompok-kelompok konsumen.
Program pendidikan yang dijalankan juga mencakup penyebarluasan informasi, baik melalui forum publik maupun media cetak dan elektronik. Selain itu, Bidang Pendidikan YLKI juga memberikan layanan penunjang bagi pelajar/mahasiswa seperti bimbingan skripsi dan magang. serta bagi organisasi yang ingin melakukan berbagai studi mengenai hal terkait.
YLKI merupakan anggota International Organization of Consumer Union –IOCU sejak 15 Maret 1974, dan aktif sebagai full member organisasi internasional yang kini bernama Consumers International (CI) yang berpusat di London.