Visi dan Misi YLKI

Visi YLKI adalah terwujudnya tatanan masyarakat konsumen yang adil, berdaya dan terorganisasi yang berani memperjuangkan hak-haknya.

Misi :

  1. Melakukan pengawasan dan Pembelaan hak-hak konsumen
  2. Membentuk kelompok konsumen yang berdaya melalui pendidikan
  3. Mendorong keterlibatan masyarakat dalam kebijakan publik
  4. Turut serta dalam membangun tatanan masyarakat yang lebih adil

Nilai :

Nilai – nilai dasar yang dianut YLKI adalah; non profit, independen, integritas, konsisten, keadilan sosial, terbuka, kekeluargaan, egaliter, professional, inklusif, volunterism, lincah.

Strategi dan Kegiatan YLKI

  • Advokasi
    Mempengaruhi para pengambil keputusan di sektor industri dan pemerintahan agar memenuhi kewajibannya terhadap konsumen, pada tingkat lokal dan nasional.
  • Penggalangan Solidaritas
    Meningkatkan kepedulian kritis konsumen melalui penggalangan solidaritas antar konsumen, serta melalui prasarana kegiatan berbagai kelompok konsumen.
  • Pengembangan Jaringan
    Memperkuat kerjasama antar organisasi konsumen dan juga dengan organisasi kemasyarakatan lainnya pada tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.
  • Penyebaran Informasi yang Tidak Memihak
    Mengimbangi informasi yang telah ada dengan informasi dan data objektif lainnya yang diperoleh berdasarkan kajian dan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.