1. Dukungan Hukum dan Penanganan Pengaduan
    Sebagai hal yang paling mendasar bagi kegiatan organisasinya, YLKI mengupayakan untuk terlibat dalam berbagai proses pengambilan keputusan yang dilakukan Pemerintah, terutama untuk menjamin bahwa konsumen di Indonesia didukung oleh landasan hukum yang kuat. Bidang Pengaduan dan hukum YLKI memberikan bantuan gratis bagi konsumen yang merasa tidak puas atas produk dan layanan yang diperoleh, serta memastikan perlindungan atas hak-hak mereka. Pengaduan dapat disampaikan secara langsung, melalui surat, telepon/faksimili dan email, atau melalui media massa.
  2. Penelitian
    Untuk membantu konsumen dalam pengambilan keputusan, Bidang Penelitian YLKI melakukan pengujian produk, survei, studi dan penelitian yang diperlukan agar dapat memperoleh informasi yang tidak memihak mengenai kualitas dan kehandalan berbagai produk dan layanan jasa. Kegiatan penelitian yang dilakukan YLKI diharapkan dapat menghasilkan tidak hanya pedoman bagi pilihan konsumen, tetapi juga berbagai informasi yang diperlukan untuk mendukung advokasi konsumen.
  3. Pendidikan
    Untuk meningkatkan kepedulian kritis konsumen atas hak dan kewajibannya dalam rangka memperkuat posisi tawarnya ketika menghadapi berbagai produsen barang dan pemberi layanan jasa, Bidang Pendidikan YLKI menyelenggarakan berbagai program pendidikan yang dijalankan juga mencakup penyebarluasan informasi, baik melalui forum publik maupun melalui media cetak dan elektronik. Selain itu, Bidang Pendidikan YLKI juga memberikan layanan penunjang bagi pelajar/mahasiswa seperti bimbingan skripsi dan magang, serta bagi organisasi yang ingin melakukan berbagai studi mengenai hal terkait.