CAP PESERTA

Selain wajib memerhatikan aspek hukum, ekonomi, keamanan, dan kesehatan, plus aspek lingkungan; sebagai konsumen pun Anda wajib memerhatikan “lima pilar” ini, boleh jadi Anda telah menjelma menjadi seorang konsumen yang “ideal”, sempurna.

  1. Mempedulikan masyarakat dan dirinya terhadap nilai uang, nilai barang maupun nilai pada manusianya.

Seberapa manfaat uang yang kita keluarkan untuk membeli barang atau jasa tersebut? Masihkah hanya memenuhi kebutuhan dasar saja, atau karena kita sudar terjebak nafsu konsumtivisme dalam berbelanja?

  1. Melindungi alam dan lingkungannya.

Hampir semua aktivitas konsumen, berpotensi merusak dan mencemari lingkungan; dari mulai proses produksi, kemasan yang digunakan, maupun sisa sampah/limbah dari barang tersebut. Pola konsumsi Anda sangat membantu untuk tidak mencemari lingkungan.

  1. Mengetahui dan memperjuangkan keberadaan hak yang berlaku secara universal (HAM, kebutuhan dasar dan kebutuhan pokok).

Harus dilihat, apakah barang yang kita konsumsi dibuat oleh perusahaan yang melanggar hak-hak buruh/karyawan? Tinggalkan barang tersebut, jika hak-hak dasar buruh/karyawan, tidak dipenuhi oleh manajemen perusahaan dimaksud. Dengan menggunakan barang tersebut, bisa jadi Anda turut melanggar hak-hak buruh/karyawan.

  1. Memperjuangkan keadilan atas sistem politik dan ekonomi yang memarjinalkan konsumen lemah dan miskin.

Sebagai konsumen, kita tidak boleh egois. Sekalipun hak-hak Anda sebagai konsumen telah dipenuhi, tetapi bagaimana dengan hak-hak konsumen yang lainnya? Jika masih terjadi pelanggaran terhadap konsumen yang lain, seharusnya konsumen bersatu padu untuk berjuang bersama, agar konsumen lain juga terlindungi hak-haknya (tidak dirugikan).

  1. Menggalang kekuatan dengan menggerakkan energi masyarakat melalui beragam kegiatan.

Tugas memberdayakan dan memperjuangkan hak-hak konsumen, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, dan pelaku usaha saja. Sebagai konsumen, Anda pun mempunyai kewajiban yang sama, untuk memberdayakan masyarakat konsumen yang lain.