PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR

Memiliki akses terhadap kebutuhan dasar (barang maupun jasa) seperti: pangan, sandang, papan, pelayanan kesehatan, pendidikan, sarana publik, air bersih, dan sanitasi

KEAMANAN

Terlindungi dari produk, proses produksi, dan pelayanan yang membahayakan kesehatan dan kehidupan

INFORMASI

Memperoleh fakta-fakta yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat, dan terlindungi dari iklan dan label, yang tidak jujur dan menyesatkan

PILIHAN

Mampu memilih di antara berbagai macam barang dan jasa yang ditawarkan dengan harga yang bersaing dengan jaminan kualitas yang memuaskan

PERWAKILAN

Memiliki keterwakilan kepentingan konsumen dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan Pemerintah dalam pengembangan barang dan jasa

PENGGANTIAN

Memperoleh penyelesaian sengketa yang adil, termasuk kompensasi/ganti rugi terhadap barang yang berkualitas buruk atau pelayanan yang tidak memuaskan

PENDIDIKAN KONSUMEN

Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat pilihan berdasarkan informasi dan keyakinan atas barang-barang dan jasa, sekaligus sadar akan hak dasar dan tanggung jawab sebagai konsumen dan bagaimana menjalankannya

LINGKUNGAN SEHAT DAN BERKELANJUTAN

Bertempat tinggal dan bekerja dalam lingkungan yang tidak membahayakan kehidupan saat ini dan generasi mendatang