Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mengalami kemajuan cukup pesat. Menurut data Menkominfo, saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 45 juta, dan diperkirakan akan bertambah 153 juta pada tahun 2014. Sebanyak 87% internet digunakan untuk chatting, facebook, twitter, YM, dan game. Hanya sebagian kecil sisanya digunakan untuk hal-hal edukatif.
Indonesia, menurut data Nielsen, adalah negara dengan jumlah pengakses internet via handphone yang cukup tinggi. Sebanyak 48% pengguna internet di Indonesia mengakses melalui handphone. Dan, 13% pengguna internet yang mengakses melalui perangkat mobile non handphone (tablet, notebook).
Fenomena anak-anak dan remaja demam facebook dan twitter, merupakan hal jamak. Hebatnya, tak hanya remaja perkotaan, mereka yang ada di pedesan pun tak luput dari demam ini.
Melihat trend pertumbuhan internet di Indonesia yang cukup tinggi, tak pelak membuat operator seluler “ngiler”. Ragam janji mulai diumbar, dan iming-iming pun ditebar, hanya demi satu tujuan, menjaring konsumen.
Adu Sakti Obral Janji
Salah satu iklan yang kerap wara-wiri di layar televisi dengan tagline-nya “I hate slow” seolah menunjukkan layanan operator ini berkases cepat, secepat balap mobil formula 1. benarkah demikian? Berdasarkan pengaduan yang mampir di meja YLKI, pengaduan terhadap operator “Anti lelet” ini menunjukkan angka yang cukup tinggi. Rata-rata konsumen mengadukan speed (kecepatan) akses internet yang dijanjikan tidak sesuai dengan kenyataan. Aduan yang lain terkait masa berlaku kartu yang tidak sesuai. Korban janji manis juga dialami oleh konsumen operator seluler lain. Jaringan yang gampang terputus, dan pulsa yang tiba-tiba hilang merupakan mayoritas keluhan konsumen.
Biaya internet berbasis GPRS sebenarnya memang sulit untuk diketahui, karena biaya ini perpaduan antara waktu yang digunakan untuk berinternet dan kecepatan.
Sementara tidak semua operator seluler memiliki jangkauan yang luas, sehingga tidak semua daerah bisa mendapat layanan yang dijanjikan. Bisa jadi operator A unggul di suatu daerah tapi lemah di daerah lainnya, misalnya.
Lantas, sebenarnya berapa tarif yang dipatok dari masing-masing seluler? Mari kita cermati:
Nama Operator | Paket | Tarif | Batas pemakaian | Kecepatan | |
Indosat | Gaul | Harian | 5,000 | 30 MB | 384 Kbps |
Mingguan | 25,000 | 200 MB | 384 Kbps | ||
Bulanan | 50,000 | 500 MB | 384 Kbps | ||
Browser | Harian | 10,000 | 60 MB | 1 Mbps | |
Mingguan | 50,000 | 400 MB | 1 Mbps | ||
Bulanan | 100,000 | 1 GB | 1 Mbps | ||
Speedy | 15 jam | 75,000 | 1 Mbps | ||
Chat | Unlimited | 145,000 | 1 Mbps | ||
Socialla | Unlimited | 195,000 | 384 Kbps | ||
Load | Unlimited | 295,000 | 512 kbps | ||
Familia | Unlimited | 645,000 | 1 Mbps | ||
Executive | Unlimited | 995,000 | 2 Mbps | ||
Biz | Unlimited | 1,695,000 | 3 Mbps | ||
Tri | 35,000 | 500 MB | |||
50,000 | 1 GB | ||||
75,000 | 2 GB | ||||
125,000 | 5 GB | ||||
XL | Nasional | 49,000 | 500 MB | 512 kbps | |
Nasional | 99,000 | 1 GB | 512 kbps | ||
Nasional | 149,000 | 2 GB | 512 kbps | ||
Nasional | 199,000 | 4 GB | 512 kbps | ||
Smartfren | Unlimited | Harian | 5,000 | ||
Mingguan | 30,000 | ||||
Bulanan | 90,000 | ||||
Volume Based | Harian | 1,000 | 20 MB | ||
3,000 | 100 MB | ||||
Mingguan | 10,000 | 250 MB | |||
20,000 | 600 MB | ||||
Bulanan | 50,000 | 2 GB | |||
100,000 | 6 GB | ||||
Telkomsel | Basic | 125,000 | 1,5+500 MB | 1 Mbps | |
Advance | 225,000 | 3 GB + 1 GB | 7,2 mbps | ||
Pro | 400,000 | 6 GB + 2 GB | 7,2 mbps |
(Data diambil dari masing-masing website)
Nah, dari table tawaran operator diatas, manakah yang Anda pilih?
***
Istiana Sudardjat, Staff YLKI
(Dimuat di Majalah Warta Konsumen)
Gambar diambil dari sini
4 Comments on "Cermati Perang Tarif Internet"