PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR
Memiliki akses terhadap kebutuhan dasar (barang maupun jasa) seperti: pangan, sandang, papan, pelayanan kesehatan, pendidikan, sarana publik, air bersih, dan sanitasi
KEAMANAN
Terlindungi dari produk, proses produksi, dan pelayanan yang membahayakan kesehatan dan kehidupan
INFORMASI
Memperoleh fakta-fakta yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat, dan terlindungi dari iklan dan label, yang tidak jujur dan menyesatkan
PILIHAN
Mampu memilih di antara berbagai macam barang dan jasa yang ditawarkan dengan harga yang bersaing dengan jaminan kualitas yang memuaskan
PERWAKILAN
Memiliki keterwakilan kepentingan konsumen dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan Pemerintah dalam pengembangan barang dan jasa
PENGGANTIAN
Memperoleh penyelesaian sengketa yang adil, termasuk kompensasi/ganti rugi terhadap barang yang berkualitas buruk atau pelayanan yang tidak memuaskan
PENDIDIKAN KONSUMEN
Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat pilihan berdasarkan informasi dan keyakinan atas barang-barang dan jasa, sekaligus sadar akan hak dasar dan tanggung jawab sebagai konsumen dan bagaimana menjalankannya
LINGKUNGAN SEHAT DAN BERKELANJUTAN
Bertempat tinggal dan bekerja dalam lingkungan yang tidak membahayakan kehidupan saat ini dan generasi mendatang
0 Comments on "Delapan Hak Dasar Konsumen"